Sabtu, 06 November 2010

Periksa Tekanan Angin Ban Anda Secara Rutin

"Tahukah Anda jika tekanan angin ban berkurang secara alami sekira 1-3 PSI tiap bulan? Karena itu periksa ban kendaraan Anda secara rutin minimal 1 bulan sekali.
Tekanan angin yang tepat, berbeda untuk setiap kendaraan, karena itu, berikut tips memeriksa tekanan angin pada ban kendaraan Anda dari Bridgestone.
Tekanan angin ban yang sesuai rekomendasi pabrikan biasanya tertera pada buku manual kendaraan Anda. Antau pada mobil, standar tekanan angin tertulis di stiker yang ada pada pintu pengemudi.Untuk memeriksa tekanan angin ban, pastikan ban masih dalam keadaan dingin, artinya ban belum bergerak.Kemudian gunakan alat ukur tekanan angin yang presisi. Masukkan alat pengukur tekanan angin pada pentil ban dengan benar. Lihat berapa tekanan angin yang terdapat pada ban kendaraan Anda. Bila kurang sesuai dengan yang disarankan pabrik, tambahkan, kalau lebih sebaiknya dikurangi. Setelah itu gunakan air sabun pada pentil ban. Penggunaan air sabun ini untuk mendeteksi apabila ada kebocoran angin melalui pentil. Jika saat air sabun diusapkan pada pentil maka timbul gelembung, maka bisa dipastikan terjadi kebocoran angin ditempat tersebut.Kalau sudah dicek dengan air sabun, jangan lupa untuk menutup kembali pentil ban Anda dengan baik setelah digunakan. Lalu pastikan dasar pentil bebas dari kerusakan atau kebocoran.
Terakhir, jangan lupa untuk melakukan pengecekan pula pada ban cadangan/serep. Karena jika ban utama mengalami masalah dijalan, ban cadangan inilah yang memiliki peranan sangat vital."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar